Jumat, 15 Juni 2012

Tips Berani Bicara di Depan Umum

tips berani pidato

Salah satu ketakutan terbesar kebanyakan orang adalah berbicara di depan umum. Hampir sebagian besar dari kita banyak yang merasa tidak percaya diri jika harus melakukannya. Disamping perlu latihan yang cukup, ternyata ada hal lain yang perlu kita perhatikan sebelum tampil berbicara di depan umum, seperti:

Persiapan

Segala sesuatu memang memerlukan persiapan yang matang, begitu pula dengan berbicara di depan umum. Hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah mental, yakinkan pada diri sendiri kalau kita mampu melakukannya.

Penguasaan Materi

Pastikan kita menguasai materi yang dibicarakan dengan baik, karena orang akan menilai penampilan kita dari kemampuan menyampaikan materi. Penguasaan materi yang baik akan menghasilkan performa yang baik pula, dengan begitu kita dapat melakukannya penuh percaya diri, hingga mampu berkomunikasi dengan baik.

Mengenal Audience

Sebelum tampil di depan umum, pastikan kita mengetahui informasi mengenai audience/ pendengar yang akan hadir dalam forum tersebut, latar belakang dan profesi mereka secara umum. Ini penting guna memperlancar komunikasi kita saat tampil ke depan.

Rileks

Hal lain yang perlu diperhatikan lagi adalah meminimalkan rasa gugup. Lakukan dengan relaksasi, atau bisa juga berdoa sesaat sebelum tampil. Dengan kondisi yang tenang kita akan mampu melakukan semuanya lebih baik.

Pelajari Pengucapan yang Benar

Intonasi dan pengucapan yang benar merupakan suatu keharusan, agar pendengar dapat memahami dengan jelas materi yang kita bicarakan. Jangan sampai mereka kehilangan minat karena tidak memahami apa yang kita sampaikan.

Lakukan Saja

Hilangkan rasa ragu dan kekhawatiran yang berlebihan. Tetapkan hati bahwa semuanya akan berjalan lancar. Latihan yang maksimal akan memberikan hasil yang maksimal. So, dont worry. Lakukan saja!

Sumber


Sumber : http://www.duniaq-duniamu.com/2012/01/tips-berani-bicara-di-depan-umum.html#ixzz1sSHieod6 
www.duniaq-duniamu.com